Pencarian Produk Hukum

Mewujudkan Produk Hukum Daerah Yang Berkualitas Terencana Dan Terpadu Melalui Bimbingan Teknis

Mewujudkan Produk Hukum Daerah Yang Berkualitas Terencana Dan Terpadu Melalui Bimbingan Teknis

Ungaran (17/03/2022) Dalam rangka mewujudkan Produk Hukum Daerah yang berkualitas, terencana dan terpadu di Kabupaten Semarang. Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pembentukan Produk Hukum Daerah Bagi Perangkat Daerah di Gedung Dharma Satya. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang, Listina Aryani, SH, MM, mewakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Tajudinor, SH, MM. Dalam sambutannya Listina Aryani, SH, MM menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para peserta  bimbingan teknis dalam penyusunan Produk Hukum Daerah.
"Kegiatan Bimbingan Teknis Pembentukan Produk Hukum Daerah ini kita laksanakan untuk meningkatkan pemahaman kepada semua peserta Bintek pada khususnya, dan semua perangkat/jajaran Perangkat  Daerah pada umumnya agar dalam mengimplementasikan / menindaklanjuti regulasi benar-benar memperhatikan teori, asas dan kaidah yang diatur dalam Peraturan yang mengatur tentang teknis penyusunan produk hukum daerah agar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku" ujarnya.
Dalam sambutan penutupnya, Listina Aryani, SH, MM juga menyampaikan harapan diselenggarakannya kegiatan ini, maka peserta dapat mengimplementasikan penyusunan produk hukum daerah yang bersih, memberikan kepastian hukum dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum dan masyarakat.
Adapun narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Semarang, 
H. Baddarrudin, S.Ag yang menyapaikan materi tentang "Peran DPRD Dalam Fungsi Legislasi Pembentukan Produk Hukum Daerah", Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Muda pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah, Heny Andriyana, SH.MH, yang menyampaikan materi tentang "Teknik Penyusunan Produk Hukum Daerah", Koordinator Pengawasan Produk Hukum Daerah Kabupaten/Kota pada Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah, Sri Wahyuningsih, SH, yang menyampaikan tentang "Fasilitasi dan Evaluasi Terhadap Rancangan Produk Hukum Daerah" dan Sub Koordinator Pengelolaan E-Goverment dan Aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Semarang, Khairul Aulia, S.Kom, M.Eng., yang menyampaikan materi tentang "Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)".
Adapun peserta kegiatan bimbingan teknis ini adalah seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Semarang, yang terdiri dari :
  1. Inspektorat Daerah Kabupaten Semarang, Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang dan Sekretariat DPRD Kabupaten Semarang;
  2. 27 Dinas Daerah;
  3. 4 Badan Daerah, ditambah 1 Badan Penanggulangan Bencana Daerah;
  4. 19 Kecamatan;
  5. 2 RSUD; dan
  6. 8 Bagian di Sekretariat Daerah Kabupaten Semarang.

Dibuat tanggal 2022-03-17 16:58:43, Oleh : Bagian Hukum